INHERITANCE (PEWARISAN)

Inheritance  merupakan  pewarisan  atribut  dan  method  pada  sebuah  class  yang diperoleh  dari  class  yang  telah  terdefinisi  tersebut.  Setiap  subclass  akan  mewarisi  state (variabel-variabel) dan  behaviour dari superclass-nya. Subclass kemudian dapat menambahkan  state  dan  behaviour  baru  yang  spesifik  dan  dapat  pula memodifikasi (override) state dan behaviour yang diturunkan oleh superclass-nya. 
Keuntungan dari inheritance adalah : 
Subclass  menyediakan  state/behaviour  yang  spesifik  yang  membedakannya  dengan superclass, hal  ini akan memungkinkan programmer Java untuk menggunakan ulang  source code  dari  superclass  yang  telah  ada.  Programmer  Java  dapat  mendefinisikan  superclass khusus yang bersifat generik,yang disebut abstract class, untuk mendefinisikan class dengan behaviour dan state secara umum.
Istilah dalam inheritance yang perlu diperhatikan :
Extends  : Keyword ini harus kita tambahkan pada definisi class yang menjadi subclass. 
Superclass :Superclass digunakan untuk menunjukkan hirarki class yang berarti class dasar dari subclass/class anak. 
Subclass  : Subclass adalah class anak atau turunan secara hirarki dari superclass. 
Super  : Keyword ini digunakan untuk memanggil konstruktor dari superclass atau menjadi variabel yang mengacu pada superclass. Ada beberapa hal yang harus diingat ketika menggunakan pemanggil constuktor super

Kegiatan praktikum   

class rumah
{
    private String a = " Rumahmewah ";
    public void info()
    {
        //System.out.println (" Dipanggil pada  =  "+this);
        System.out.println (" ");
        System.out.println (" Rumah           = "+a);
    }
}



class rumahindah extends rumah
{
    private String b        =    " tombol alarm ";
    public void info()
    {
        System.out.println (" ");
        super.info();
        System.out.println (" rumahindah     = "+b);
    }
}



public class tiperumah
{
    public static void main ( String[]args )
    {
        rumahindah C = new rumahindah();
        C.info();
    }
}


  hasil running


        
Tugas Akhir     

class lingkaran1{
    public Double r;
    public Double phi=3.14;
    public void panjangr()
    {
        System.out.println("Panjang jari-jari :"+r);
    }
}

class keliling extends lingkaran1{
    Double kel,r2,p;
    public void hitungk()
    {
        p = super.phi;
        r2=super.r;
        kel = 2*r2*p;
        System.out.println("Keliling Lingkaran : "+kel);
    }
}

class luas extends lingkaran1{
    Double Luas,r2,p;
    public void hitungl()
    {
        p= super.phi;  
        r2=super.r;
        Luas = 2*r2*r2*p;
        System.out.println("Luas Lingkaran : "+Luas);
    }
}

public class lingkaran{
    public static void main(String [] a)
    {
        keliling l1 = new keliling();
        luas l2 = new luas();
        l1.r = 7.0;
        l2.r = 7.0;
        l1.hitungk();
        l2.hitungl();
    }
}

Hasil Running

       

Tugas tambahan

class Shape{
String name, size;
public Shape(String name){
this.name = name;
}

    public void printShapeInfo(){
    System.out.println("Shape name : "+name);
    System.out.println("Shape Size : "+size);
    }

    public void printShapeName(){
    System.out.println("Shape name : "+name);
    }

    public void printShapeSize(){
    System.out.println("Shape size : "+size);
    }
}

/*langkah ke-2: Membuat Class Square turunan dari Shape*/
class square extends Shape{
    String name, size;
    int length, width;

        public square(String name){
        super(name);
        }

        public void printShapeInfo(){
        super.printShapeInfo();
        }

        public void printShapeName(){
        super.printShapeName();
        }

        public void printShapeSize(){
        super.size = String.valueOf(length*width);
        super.printShapeSize();
        }

        public void printWidth(){
        System.out.println("Lebar : "+width);
        }

        public void printLength(){
        System.out.println("Panjang : "+length);
        }
}

/*langkah ke-3: Membuat Main Program dengan Nama Class Main */
class main{
public static void main (String[] args){

square persegi = new square("persegi");
persegi.length = 10;
persegi.width = 8;
persegi.printShapeName();
persegi.printLength();
persegi.printWidth();
persegi.printShapeSize();
System.out.println("\n");

persegi.printShapeInfo();
    }
}    

Hasil running   

                                                                          

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar